Daging Se’i Juragan Babi yang Menggoda Iman

“Hai, sis! Apa kabar?”

Saya hanya mengangkat alis saya saat membaca pesan whatsapp tersebut. Karena merasa asing (dan saya pikir palingan abg alay ngajak kenalan), saya diam saja alias tidak membalas. Mungkin karena si pengirim ngeh kalau saya sudah baca tapi tidak balas, ia mengetik lagi, “Ini Nomo Babi Asap.” Owalah! Ingat deh saya! Beberapa waktu sebelumnya, Pak Nomo dari Juragan Babi ini pernah mengontak saya via message facebook untuk meminta bantuan review produk babi asapnya atau yang dikenal juga dengan istilah babi se’i.

juragan babi
daging se’i dari Juragan Babi

Fyi, daging se’i adalah daging asap khas Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika kamu main ke NTT, maka kamu wajib banget untuk membeli oleh-oleh daging se’i. Saya pertama kali tahu tentang daging se’i ini dari artikel pariwisata di Harian Kompas beberapa tahun silam. Sehabis membaca artikel di Kompas tersebut, saya langsung bercita-cita pengen liburan ke NTT dan makan daging se’i. Kata se’i sendiri dalam bahasa rote artinya adalah daging yang diiris tipis memanjang. Daging se’i ini dimatangkan dengan asap panas setelah daging sebelumnya diberi garam dan rempah. Proses pengasapan ini, selain membuat daging matang juga sekaligus mengawetkan daging tersebut. Asap panas ini juga berfungsi untuk mematikan bakteri dan jamur. So, jangan khawatir! Babi se’i dari Juragan Babi ini dijamin sehat! Hehehe.

Keesokan harinya, Pak Nomo memenuhi janjinya dengan mengantarkan sebungkus daging se’i. Saya suka dengan kemasannya yang menggunakan plastik tebal yang divacuum. Rapi dan higienis. Berhubung saya belum pernah makan daging se’i sebelum itu, saya agak bingung dan harus nanya-nanya dulu bagaimana cara mengolahnya. Pada dasarnya, babi se’i ini sudah matang dan tinggal dipanaskan saja. Kamu bisa menggunakan microwave atau wajan teflon untuk memanaskannya. Memanaskannya tidak perlu pakai minyak, ya!

Buat saya, ini adalah salah satu proses review yang paling menggoda iman. Aroma wanginya itu, lho! Hmmm… sedap! Potongan daging babinya juga gemuk-gemuk, menggoda banget untuk dicomot. Selama saya motret-motret, entah berapa kali tangan ini nyomot sepotong babi asap. Hap! Untunglah nggak habis duluan sebelum fotonya beres. Hahaha… Rasanya enak banget! Tekstur dagingnya empuk, rasanya gurih dengan aroma daging asap yang khas. Daging se’i dari Juragan Babi ini rasanya lebih mantap lagi saat disantap dengan sambal daun jeruknya. Sambal daun jeruknya ini memiliki rasa pedas masam dengan aroma khas daun jeruk. Pokoknya, makan siang saya hari itu terasa mewah banget :3

Dan tahukah Anda? Sebungkus plastik babi se’i ukuran 250 gram yang saya perkirakan bisa tahan seminggu di rumah saya, ternyata ludes dalam waktu 3 hari saja! Hahaha…

Penasaran? Kabita? Langsung saja pesan sama Pak Nomo di 0856 2401 1500 yah! Atau bisa juga kepoin instagramnya di: @juragan_babi. Selain dalam ukuran 250 gram, babi se’i ini juga tersedia dalam kemasan 500 gram dan 1 kg. Asyik!

Jadi, kapan kita liburan ke NTT? #salahfokus #abaikan

@marchaela_maria

#marcahaelappetite

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s