Kenapa Sih Saya Memutuskan Jadi Foodblogger?

IMG_20160214_113527
#marchaelappetite (pic by: @erlanggatriputra)

Salah satu profesi yang lagi kekinian saat ini adalah jadi foodblogger. Di Bandung aja nih, kayaknya ada ratusan foodblogger (atau foodgrammer). Saya pribadi awalnya sama sekali nggak punya cita-cita untuk jadi foodblogger. Kalau akhirnya saya jadi foodblogger, nggak lain dan nggak bukan adalah demi “bertahan hidup”. Lol. Maaf lebay.

Buat yang belum kenal saya, saya ini aslinya adalah penulis fiksi. Iya, saya menulis novel, cerpen, dan belakangan nulis script juga. Tapi, karena buku saya belum setenar buku JK Rowling, alhasil royalti yang cuma cair setahun dua kali itu nggak cukup. Jadilah saya lalu bekerja sebagai content writer sebuah perusahaan OTA (Online Travel Agent). Dari yang biasanya menulis kisah-kisah fiksi, tiba-tiba saya harus belajar menulis artikel-artikel tempat wisata, tips liburan, review hotel, dan tentu saja wisata kuliner. Nah, inilah awal mulanya saya menulis review kuliner. Jangan tanya deh pada saat itu kualitas foto saya kayak gimana! Asli ngasal banget foto-fotonya… Saya sama sekali nggak paham tentang lighting ataupun angle. Dan saat itu pun saya belum main instagram. Funny things, malah ada dua bersaudara yang lebih mendorong saya untuk punya akun instagram dan belajar food photography. Mereka juga yang mengajari saya dasar-dasar food photography (Thank u so much much much @hugo_fendy dan @jacquesvictor!)

Lama-kelamaan, saya pun mulai berpikir untuk lebih serius lagi di bidang ini. Maka, lahirlah #marchaelappetite. Nama ini saya dapat setelah brainstorming bersama salah satu kawan baik saya (thanks Yustin!). Appetite, selain artinya adalah “nafsu makan”, juga dapat berarti “hasrat” ataupun “rasa suka” (versi Kamus LINE). Saya sempat tersenyum senang saat melihat padanan makna dari “appetite” ini. Saya sadar saya sudah memilih nama yang tepat. Bagi saya, ini bukan sekedar di-endorse, makan gratis (atau dibayar, mungkin?), posting di instagram, lalu menuai likes. Nope! Saya punya hasrat lebih daripada sekedar jadi seleb di instagram ataupun dapat uang.

Tapi semua ini saya lakukan karena…

  1. Saya suka seni, termasuk seni fotografi. Saya jelas-jelas amatiran, tapi pekerjaan ini mendorong saya untuk lebih kreatif dalam memotret dan juga belajar menghasilkan foto berkualitas baik.
  2. Saya berharap, produk-produk makanan yang saya posting di instagram jadi lebih laris. Harapannya, yang lihat foto-foto saya tuh pada ngiler gitu… (Tapi saya juga tidak mau mengecewakan konsumen. Makanya, saya menyertai score di postingan saya. Btw, makanan yang menurut saya tidak layak santap tidak akan saya posting).
  3. Intinya, saya berharap pekerjaan saya ini bisa memberkati dan juga menjadi berkat.

 

Terus terang, saya tidak janji akan jadi foodblogger selamanya. (Disadari atau tidak, ini akan pekerjaan yang cukup berbahaya bagi kesehatan. At least, berat badan saya sempat naik sampai 5 kiloan gara-gara jadi foodblogger). Tapi selama saya masih dipercaya untuk mengerjakan ini, saya akan mengerjakannya dengan sebaik mungkin 🙂

Buat yang pengen saya bantu untuk dipromoin produknya, silakan kontak aja saya di LINE (id: marchaela), atau send DM di instagram saya (ig: @marchaela_maria).

 

x.o.xo

#marchaelappetite

#nofakefollowers

#nofakelikes

Leave a Reply

